CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Kamis, 26 Maret 2009

Nyontex,,boleh gax nya

BOLEH GAX AKU NYONTEX

” Memberi contekan kepada temen bukan berarti tanda setia kawan, justru malah memanjakan kebodahan teman kita ”

Diakui atau tidak, nyontek udah jadi budaya pelajar kita.Mulai dari SD sampai tingkat mahasiswa, masih aja ada praktek ini. Berbagai cara dilakukan untuk menyiasati agar tidak ketahuan oleh guru. Mulai dari bawa jimat (sobekan kecil ),ditulis dipaha,open book, dan tengok kanan kiri.Baru-baru ini ada cara baru yang diperkenalkan seorang teman saat dia Ujian Nasional,katanya dia tulisin di kertas yang diberi perekat terus ditempelin ke bangku temennya, temannya itu ngambil dan menyalin, setelah disalin dia tempelin lagi ke bangku temennya yang lain dan begitu seterusnya, sampai semua temannya sekelas kebagian.Mending kalau contekan kamu itu bener,nah,kalau salah ?Masak sih sekelas salahnya bisa sama? Zaman sekarang yang serba canggih pun bisa membantu kita buat nyari contekan.Melalui internet kita bisa ngelacak,kira-kira soal Ujian seperti apa?Nah,kalau nketemu, kita sudah tahu soalnya,lalau bikin ”jimat” deh

Memang kita kreatif soal ini, padahal kalau kita manfaatin otak kita untuk menghafal secara kreatif.Tapi inilah lemahnya mental bangsa kita.Malah belakangan ini ada isu kalau gurunya sendiri yang ngasih bocoran jawaban lantaran dia bakalan malau kalau muridnya ada yang gax lulus.Kalau keadaan terus kayak gini,kapan mau majunya nih bangsa? Mau murid mau gru,semua sama aja.

Nyontek bisa dikatakan penyakit menular, kalau kita nyontek terus ngasih contekan ke temen,terus temen kita kedoyanan, ya akhirnya semua kebagian deh penyakit ini. Penyakit menyontek tidak hanya diidap oleh pelajar saja, namun banyak pengusaha pun yang suka menyontek.Banyak alat elektronik tiruan hasil nyontek dari orang-orang jepang.Kita juga sering melihat begitu banyaknya kaset-kaset atau CD-CD bajakan.Ini merupakan bukti kalau masyarakat Indonesia lebis suka menyontek daripada berkarya sendiri.

Sebenarnya dengan nyontek itu secara tidak langsung membawa dampak yang negatif bagi kejiwaan kita. Kita menjadi orang yang tidak PEDE. Meski kitabisa menjawab soal,kita gax yakinkalau temen kita pun menjawab jawaban yang sama.Malah ada orang yang langsung nyontek,padahal dia belum baca soalnya sama sekali.Pengaruh dalam jangka panjangnya yaitu akan membuat bangsa kita menjadi bangsa pengekor bukan pelopor.

Jujur aja kita gax enakan dapat nilai kecil kalau itu hasil nyontek,tapi kita akan lebih bangga dapat nilai gede karena hasil sendiri (itu sih pasti).Gak maksudnya kita akan lebih bangga dan puas dapat nilai kecil kalau itu asli usaha kita.Tapi yakin kamu pasti gax enak meski kamu dapet nilai gede kalau itu hasil nyontek,betul kan ?

Udah mulai sekarang tinggalin tu kebiasaan jelek kamu.Gax ada ruginya kalau kamu gax nyontek,sebas nyontek itu jelas-jelas perbuatan mengkhianati diri sendiri,guru,orang tua,masyarakat dan bangsa kita.Bangsa kita gax butuh generasi yang punya mental chicken pok pok.

Jadi nyontek yang baik adalah nyontek dari otak kamu.

0 komentar: