CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Jumat, 27 Maret 2009

Penyakit Semua Orang

STRES,,,

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Stres merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia karena manusia adalah makhluk yang selalu berkekurangan dan berkeluh kesah. Ketika kita stres sering kali kita minum obat-obatan dengan harapan stres yang kita alami lekas sembuh,tapi ternyata stres itu datang lagi. Dr. Hans Selye mengungkapkan ” Satu-satunya cara menghindari stressadalah mati ”,Benarkah stress tidak ada obatnya ?

Ciri-ciri stress dan penanggulangan

Gejala-gejala stress yang sudah berat diantaranya mudah tersinggung, cepat marah ,agresif dan defensif.Merasa selalu lelah,sukar konsentrasi atau menjadi pelupa, susah tidur atau terlalu banyak tidur, susah makan atau terlalu banyak makan dll.Stress yang mencapai tahap kronis akan menyebabkan depresi, yaitu keadaan sakit jiwa ringan dan jika tidak terobati akan menyebabkan penyakit gila.

Karena itu,ketika gejala stress telah tampak,harus segera diatasi dengan berbagai tindakan yang bisa mengobati dan mencegah ke arah stress yang lebis berat.Tindakan tersebut di antaranya :

a. Tingkatkan ibadah. Survey membuktikan, kegiatan ibadah dapat membantu mengobati stress.Di antaranya dengan melakukan shalat ,membaca AL-QUR’AN dan dzikir

b. Berolahragalah.Bisa berupa joging keliling komplek perumahan. Lumayan untuk mengendurkan otot-otot yang tegang sambil reflesing dengan melihat pemandangan.

c. Cari suasana tenang untuk melepaskan ketegangan. Berhentilah sejenak dari segala rutinitas yang membelenggu,dan kerjakan kegiatan yang kamu suka.

d. Cari tahu penyebab stres. Tanpa mengetahui akar permasalahan.Kita tidak akan mampu mengatasi persoalan.Jika kamu sulit mengidentifikasi masalahnya,cobalah berkonsentrasi kepada psikiater. Kebanyakan orang takut ke psikiater, sebab biasanya yang datang ke psikiater adalah orang yang tingkat stresnya tinggi atau orang gila. Meskipun kita belum sampai ke taraf itu, ada baiknya kita kepsikiater, sebab kalau dibiarkan ada kemungkinan kamu pun menjadi gila.

e. Berbagi rasa. Jadikan sahabat terbaik kamu sebagai tempat mencurahkan segala persoalan. Mintalah pendapat dan sarannya. Biarkan mereka memberikan dukungan, kasih sayang, dan bimbingan kepada kamu.

f. Bertawakal dan berserah diri kepada Allah, karena Dialah yang memiliki segala kekuatan.

0 komentar: